Progress Pembangunan Dermaga Pulau Pramuka – Kep. Seribu

TRIBUNJAKARTA.COM, KEPULAUAN SERIBU – Tiga pelabuhan pulau pemukiman di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu dihidupkan kembali.

Seluruh pelabuhan yang sedang dibangun berlokasi di Pulau Pramuka, Kelapa, dan Sabira.
Sutanto, Unit Pengelola Pelabuhan Daerah (UPPD) II Kepulauan Seribu Utara, mengatakan kebangkitan ketiga pelabuhan tersebut direncanakan mulai 8 Agustus 2022.

Proses revitalisasi pertama memakan waktu 135 hari selama pembangunan dermaga.

“Ini adalah kebangkitan dermaga (pelabuhan) Pulau Kelapa, Sabira, dan Pramuka. Ketiganya ya,” kata Sutanto saat dihubungi TribunJakarta.com, Senin (10/10/2022).

Saat ini pembangunan dermaga masih berjalan, lanjut Sutanto.

Pendistribusian material konstruksi ke tiga pelabuhan dari benua hingga masing-masing pulau saat ini telah selesai. Material konstruksi seperti tiang pancang beton dan lantai tiang pancang saat ini diangkut dengan kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok.

Sutanto menjelaskan, proyek pembangunan pelabuhan di Pulau Pramuka dan Kelapa ini dilakukan mengingat kondisi dermaga saat ini yang sudah puluhan tahun tidak dihidupkan kembali.

Sebelumnya, belum ada pelabuhan dengan lokasi mumpuni di Pulau Sabira. “Sudah 25 tahun, ini kantor wilayah. Pulau Pramuka dan Kelapa layak untuk dihidupkan kembali, apalagi kondisinya,” kata Sutanto.

“Di Sabira memang ada lahan kosong. Namun penduduknya membutuhkan pelabuhan. Ada dermaga, tapi perlu juga terminal pelabuhan,” jelas Sutanto. Mulai 8 Agustus 2022, setelah 135 hari pembangunan, revitalisasi dermaga akan dilanjutkan dengan pembangunan terminal penumpang.

Pembangunan terminal penumpang ketiga pelabuhan tersebut diperkirakan akan dimulai pada Februari 2023.

Secara khusus, Pulau Pramuka, pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu, akan memiliki terminal penumpang yang desainnya mirip dengan Pelabuhan Muara Angke yang baru saja diresmikan.

“Hierarki pelabuhan pertama, sebelah kanan, pelabuhan utama, pelabuhan pengumpulan, pelabuhan penyerahan. Kalau Pramuka ini pelabuhan perbekalan regional, dua lagi pelabuhan perbekalan lokal,” jelas Sutanto.

Serta Adhimix PCI Indonesia ikut berpartisipasi dalam pembangunan Dermaga Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Dengan menyuplai precast Spun Pile

Source : https://jakarta.tribunnews.com/2022/10/10/3-pelabuhan-di-pulau-permukiman-kecamatan-kepulauan-seribu-utara-direvitalisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *