Rusun Jalan Tongkol Pandemangan, Jakarta Utara

JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta akan membangun dua gedung apartemen (rusun) di Jalan Tongkol 10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Kepala PRKP DKI Jakarta Sarjoko mengatakan, pembangunan kedua gedung tersebut masih dalam tahap awal. Tahap pertama akan dibangun dua blok dengan dana APBD DKI tahun anggaran 2022, kata Sarjoko saat dihubungi, Rabu (16 Maret 2022).

Sarjoko mengatakan, apartemen tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 21.526 meter persegi. Menurut dia, akan dibangun sembilan gedung tujuh lantai atau setara 546 apartemen. Tipe perumahan yang akan dibangun memiliki luas 36 meter persegi, ujarnya. Karena akan dibangun sembilan blok, pembangunan apartemen tersebut akan dilakukan secara bertahap.

PT Adhimix PCI Indonesia ikut serta dalam proyek pembangunan Rumah Susun di Jalan Tongkol, Jakarta Utara. Dengan menyuplai beton precast yaitu Facade yang dipasang di area eksternal gedung tersebut.

Kemudian, lanjutnya, apartemen tersebut diperuntukkan bagi warga yang terkena dampak pembangunan saluran air di Kali Ancol. Apartemen ini diperuntukkan bagi warga Kampung Walang yang terkena dampak pembangunan saluran air Sungai Ancol hingga Sungai Ciliwung Lama oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, kata Sarjoko. Diharapkan apartemen ini juga dapat digunakan sebagai akomodasi dasar di kawasan Kota Tua untuk memenuhi kebutuhan hunian. Selain perumahan, fasilitas yang disediakan di apartemen juga beragam, antara lain kios penunjang kegiatan ekonomi, masjid, museum, dan infrastruktur pendidikan.

Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa (BPPBJ) DKI Jakarta saat ini sedang melaksanakan tahap prakualifikasi calon penyedia jasa. Pembangunan Apartemen Jalan Tongkol 10 merupakan satu dari 10 apartemen yang akan dibangun Pemprov DKI pada tahun 2022. Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun apartemen tersebut sebesar Rp556 miliar. Beberapa apartemen lain yang akan dibangun pada tahun 2022 adalah Apartemen Cipinang Besar Utara (Revitalisasi), Apartemen Karanganyar (Revitalisasi), Apartemen Penjaringan (Revitalisasi), Pembangunan Apartemen Inspeksi BKT Ujung Menteng, Apartemen PIK I, PIK Pulogadung II, Rusun Pulojahe, Cakung Barat. Apartemen Solid Work dan Apartemen East Kelapa Gading.

Source : https://megapolitan.kompas.com/read/2022/03/17/11213231/tahap-pertama-pemprov-dki-akan-bangun-2-blok-rusun-jalan- tongkol-10-di?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *