Tol Cikampek-Palimanan: Jalan Baru Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Cepat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan pengoperasian jalan tol terpanjang di Indonesia, yakni Tol Cikampek Palimanan, di jalan Tol Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.,SABTU. pagi (13 Juni). Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas upaya seluruh pihak yang turut berkontribusi dalam menyukseskan pembangunan Tol Cikampek Palimanan hingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
“Saya sangat menghargai ini. Ketika saya datang ke sini pada bulan Desember, saya bertanya sebelum Idul Fitri selesai. “Tetapi lebih cepat lagi,” kata Jokowi. Presiden Jokowi meyakini Tol Cikampek Palimanan yang melintasi wilayah Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon akan kembali membantu memperlancar arus Idul Fitri tahun ini karena kapasitas Jalan Pantura meningkat dua kali lipat. Adhimix PCI Indoensia ikut andil/berpatisipasi dalam pembangunan Tol Cikampek – palimanan tersebut dengan menyuplai produk precast yaitu I Girder. Selain itu, menurut Presiden,dengan beroperasinya Tol Cikampek Palimanan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Dengan adanya tol baru ini daya saing kita semakin meningkat. “Karena konektivitas berperan penting dalam mendorong arus barang dan jasa serta menyeimbangkan perekonomian,” kata Jokowi.
Ketua DPD Irman Gusman dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan turut hadir dalam acara pelantikan tersebut. Tarif diturunkan
Sementara itu, Sekretaris PUPR Basuki Hadimuljono dalam laporannya mengatakan, tarif tol normal Tol Cipali untuk kendaraan golongan I jarak jauh adalah Rp 96.000. Namun khusus pada hari raya Idul Fitri 2015, pemerintah memberikan diskon sebesar 25-35% yang berlaku di seluruh jalan tol di Indonesia mulai H-10 hingga H+5 Idul Fitri 2015.”Dalam rangka merayakan Idul Fitri 2015 2015. Fitri 1436 Hijriah 2015, “Dengan meningkatkan pelayanan jalan tol dan memberikan reward kepada pengguna jalan tol, kami akan menurunkan harga tiket sebagai salah satu bentuk zakat,” kata Basuki.
Menteri PUPR menjelaskan, tol sepanjang 116,75 km tersebut merupakan tol terpanjang jalan tol di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem tol Trans-Jawa dan akan menghubungkan jalan tol Jakarta – Cikampek dan tol Palimanan – Kanci.
Beroperasinya Tol Cikopo-Palimanan akan mengurangi jarak tempuh di Jalan Pantura sekitar 40 kilometer dan mengurangi waktu tempuh sekitar dua jam, kata Basuki. Hal ini diharapkan dapat menyelesaikan sebagian besar permasalahan infrastruktur jaringan jalan khususnya di wilayah Pantura Jawa Barat, serta mendukung mobilitas di wilayah Jawa Barat dan mendukung pembangunan. Mengembangkan potensi perekonomian Jawa Barat.
Jalan Tol Cikopo Palimanan didanai oleh program KerjaSama Pemerintah-Swasta (KPBU)/KPS yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan dan mendorong pengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Barat.

source : https://setkab.go.id/diresmikan-presiden-jokowi-tarif-tol-cikampek-palimanan-rp-96-000/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *